Kamis, 06 Oktober 2011

DASAR PEMASARAN


Inti dari pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Pemasaran bisa didefinisikan dengan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya. Manajemen pemasaran didefinisikan sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
Manfaat-manfaat pemasaran;
-Bagi Produsen: dapat mengenalkan produk kepada konsumen dengan lebih mudah sehingga produk tersebut dapat laku di pasaran sehingga perusahaan tersebut dapat memperoleh keuntungan.
-Bagi konsumen: dapat mengetahui manfaat dan kegunaan dari barang yang di tawarkan/di pasarkan oleh produsen sehingga dapat mengetahui kualitas dan kuantitas barang tersebut.
Pasar pelanggan kunci terdiri dari Pasar Konsumen, Pasar Bisnis, Pasar Global dan Pasar Non Profit atau Pemerintah. Pasar Kosumen adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang konsumsi, Pasar Bisnis adalah pasar yang memperdagangkan barang dan atau jasa untuk kepentingan bisnis seperti mesin foto copy, reseller, dll. Pasar Global adalah pasar lintas negara yang melibatkan proses ekspor dan import. Pasar Non Profit atau pemerintah adalah pasar yang dimana perusahaan menjual barangnya ke organisasi nirlaba, seperti gereja, universitas, organisasi amal dan lembaga pemerintah.
Apabila Anda sebagai pemasar, maka ada lima fungsi kunci yang harus diperhatikan yaitu:
  1. Memperkuat merek
  2. Mengukur kefektifan pemasaran
  3. Mengarahkan pengembangan produk baru yang didasarkan atas kebutuhan pelanggan
  4. Mengumpulkan ide-ide dari pelanggan
  5. Menggunakan teknologi pemasaran yang baru
Untuk memahami fungsi pemasaran, kita perlu memahami serangkaian konsep inti dalam pemasaran. Beberapa konsep inti dalam pemasaran diantaranya adalah :
  1. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan. Kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia. Kebutuhan akan menjadi keinginan ketika diarahkan ke objek tertentu. Permintaan adalah keinginan akan produk-produk tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk membayar.
  2. Pasar Sasaran, Positioning dan Segmentasi.
  3. Penawaran dan Merek
  4. Nilai dan Kepuasan. Nilai mencerminkan sejumlah manfaat baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, dan biaya yang dipersepsikan oleh pelanggan. Kepuasan mencerminkan penilaian seseorang tentang kinerja produk anggapannya (atau hasil ) dalam kaitannya dengan ekspektasi. 
  5. Saluran Pemasaran. Untuk mencapai pasar sasaran, pemasar menggunakan tiga jenis saluran pemasaran yaitu saluran komunikasi, saluran distribusi dan saluran layanan.
  6. Rantai Pasokan ( Supply Chain ). Rantai pasokan adalah saluran yang lebih panjang yang membentang dari bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir dihantarkan ke pembeli akhir.
  7. Persaingan. Persaingan mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing baik yang aktual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan oleh seorang pembeli.
  8. Lingkungan Pemasaran. Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan tugas ( perusahaan, pemasok, distributor, dealer dan pelanggan sasaran) dan lingkungan demografis ( lingkungan ekonomi, fisik, teknologi, politik-hukum dan sosial budaya ).
Dengan adanya realitas pemasaran baru diatas, para pemasar semakin mampu beroperasi secara konsisten dengan suatu konsep pemasaran holistik. Beberapa gagasan-gagasan pemasaran awal diantaranya adalah:
  • Konsep Produksi, konsumen menyukai produk yang murah dan tersedia
  • Konsep Produk, konsumen menyukai produk yang menawarkan mutu yang paling baik atau corak yang inovativ
  • Konsep Penjualan, konsumen akan membeli produk hanya jika perusahaan agresif menjual dan berpromosi
  • Konsep Pemasaran, berpusat pada keinginan target pasar dan mengirimkan nilai lebih baik daripada pesaing
  • Konsep Pemasaran Holistik, berdasarkan kepada pembentukkan, perencanaan, implementasi program, proses, dan aktivitas pemasaran.         
       sumber:http://lasmamartha91.ngeblogs.com/2009/09/05/dasar-pemasaran/
                   http://kanghae.com/menejemen-pemasaran/konsep-dasar-pemasaran-abad-21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar