Pengertian
perilaku konsumen menurut Engel et al. (1994 : 3) adalah tindakan yang
langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan
produk dan jasa, termasuk proses yang mendahului dan menyusul dari
tindakan ini .Mowen
(1990 : 5) mengatakan bahwa perilaku konsumen adalah studi unit-unit
dan proses pembuatan keputusan yang terlibat dalam menerima, menggunakan
dan penentuan barang, jasa, dan ide.
Difinisi tersebut menggunakan
istilah unit-unit pembuat keputusan, karena keputusan bisa dibuat oleh
individu atau kelompok. Difinisi tersebut juga mengatakan bahwa konsumsi
adalah proses yang diawali dengan penerimaan, konsumsi, dan diakhiri
dengan penentuan (disposition). Tahap penerimaan menganalisa
faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen terhadap produk, tahap
konsumsi menganalisa bagaimana konsumen senyatanya menggunakan produk
yang diperoleh. Tahap penentuan menunjukkan apa yang dilakukan konsumen
setelah selesai menggunakan produk tersebut.
Studi
perilaku konsumen adalah studi bagaimana seorang individu membuat
keputusan untuk menggunakan sumber-sumber yang dimiliki pada konsumsi
yang berkaitan dengan sesuatu (barang atau jasa). Schifman dan Kanuk
(1991 : 5) mengatakan studi ini meliputi; apa yang dibeli, mengapa ia
membelinya, dan berapa sering ia membelinya.
Swastha
dan Handoko (1987 : 9) mendifinisikan perilaku konsumen sebagai
tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh
dan menggunakan barang dan jasa ekonomisalnya, termasuk kegiatan
pengambilan keputusan.Perilaku
konsumen (AMA) adalah interaksi dinamisalnya antara pengaruh dan
kognisi, perilaku, dan kejadian disekitar kita dimana manusia melakukan
aspek pertukaran dalam hidup mereka. Ada tiga ide penting dari difinisi tersebut yaitu;
Perilaku
konsumen adalah dinamisalnya, artinya konsumen bergerak sepanjang
waktu. Implikasinya dalah generalisasi perilaku konsumen biasanya
terbatas untuk satu jangka waktu, produk, dan konsumen tertentu. Dlm
stratetegi pemasaran berarti strategi yang sama dapat memberikan hasil
yang berbeda, untuk situasi yang berbeda. Strategi yang berhasil untuk
titik tertentu dapat saja gagal pada titik yang lain.
sumber: http://puriindahlestari-puri.blogspot.com/
NAMA:NICHOLAS WIJAYA
NPM:15211157
KELAS:3EA02
Tidak ada komentar:
Posting Komentar