Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah Membagi
sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan
kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk
atau bauran pemasaran yang terpisah. Penetapan target pasar adalah Proses mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki. Penempatan posisi adalah Mengatur
produk supaya dapat menempati posisi pada benak konsumen yang jelas,
khas, dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.
Tingkatan segmentasi pasar:
Pemasaran Massal,
yaitu memproduksi secara massal mendistribusikan secara massal, dan
mempromosikan secara massal produk yang hampir sama dengan cara yang
hampir sama kepada semua konsumen.
Pemasaran Segmen,
Memisahkan segmen-segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi
tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu atau lebih segmen
tersebut.
Pemasaran Relung,
Memfokuskan diri pada subsegmen atau relung pasar yang memiliki
sejumlah cirri bawaan yang khas yang mungkin mencari kombinasi sejumlah
manfaat yang khusus.
Pemasaran Mikro,
Praktek perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar
dengan selera individu dan lokasi yang spesifik yang meliputi pemasaran
lokal dan pemasaran individual.
- Pemasaran Lokal,
Perancangan merk dan promosi supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan
keinginan kelompok-kelompok pelanggan local --- kota, pemukiman, bahkan
took yang spesifik.
- Pemasaran Individual,
Perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan
kebutuhan dan preferrensi pelanggan secara individual. Juga dinamakan
pemasaran satu per satu ( one to one marketing ), pemasaran yang
disesuaikan dengan ( customized marketing )kebutuhan dan pemasaran pasar
yang terdiri dari satu orang ( market of one marketing ).
Mensegmentasi Pasar Konsumen
- Segmentasi Geografis,
membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda-beda seperti
negara, wilayah negara bagian, kabupaten, kota atau pemukiman.
- Segmentasi Demografis,
Upaya membagi pasar menjadi sejumlah kelompok berdasarkan
variable-variabel seperti usia, gender, ukuran keluarga, siklus hidup
keluarga, pendapatan, pekerjaann, pendidikan, agama, ras dan kebangsaan.
- Segmentasi Psikografis,
Upaya membagi pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda
berdasarkan kelas social, gaya hidup atau karakteristik kepribadian.
- Segmentasi Perilaku,
Upaya membagi suatu pasar kesejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan,
sikap, pengunaan atau tanggapan konsumen terhadap suatu produk.
Persyaratan supaya Segmentasi Efektif.
- Terukur
- Dapat dijangkau
- Substansial
- Dapat dibedakan
- Dapat dilakukan tindakan tertentu.
Pengambilan keputusan
Keputusan merupakan suatu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif.
Empat model keputusan dari seorang individu :
1. Economic man
2. Passive man
3. Cognitive man
4. Emotional man
Tiga tipe pengambilan keputusan konsumen :
1 - Extensive problem solving (pemecahan masalah yang diperluas)
2 -Limited problem solving (pemecahan masalah yang terbatas)
3 - Routinized response behavior (pemecahan masalah rutin)
Langkah – langka pengambilan keputusan konsumen :
1 - Pengenalan kebutuhan
2 - pencarian informasi
3 - evaluasi alternatif
4 - menentukan alternatif pilihan
- menentukan pilihan produk
SSUMBER: http://annasone.blogspot.com/2011/10/prilaku-konsumen-segmentsi-pasar-dan.html
NAMA ;NICHOLAS WIJAYA
NPM ;15211157
KELAS ;3EA02
SSUMBER: http://annasone.blogspot.com/2011/10/prilaku-konsumen-segmentsi-pasar-dan.html
NAMA ;NICHOLAS WIJAYA
NPM ;15211157
KELAS ;3EA02
Tidak ada komentar:
Posting Komentar