Dalam pemasaran tentu kita harus memikirkan secara matang-matang bagaimana strategi yang kita butuhkan agar konsumen dapat tertarik dengan apa yang kita pasarkan,karena jika kita salah mengambil strategi dalam pemasaran dapat mebuat perusahaan tersebut gagal atau dalam arti bangkrut.Perencanaan strategi perusahaan dapat diperjelas atau lebih di spesifik lagi dengan perencanaan strategi bisnis. Berikut proses strategi bisnis :
1. Misi Bisnis (Business Mission)
Misi bisnis adalah spesifikasi misi dari setiap unit bisnis perusahaan yang meliputi :
a. batasan segmen pasar
b. batasan industry
c. batasan teknologi
d. batasan tujuan umum dan nilai-nilai yang dianut bisnis tersebut
2. SWOT Analisis
a. Analisis lingkungan eksternal (analisa peluang dan ancaman)
Merupakan ketentuan-ketentuan lingkungan makro dan lingkungan mikro yang mempengaruhu system pemasaran perusahaan yang merupakan peluang dan ancaman.
b. Analisa lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan)
Merupakan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, baik dibidang marketing (product, price, promotion, and place) maupun non marketing.
3. Peumusan Sasaran (Goal Formulation)
Setelah perusahaan menganalisa SWOT selanjutnya merumuskan sasaran. Perumusan sasaran merupakan gambaran apa yang ingin dicapai setiap unit bisnis dalam periode perencanaannya.
Sasaran iti antara lain :
a. profitabilitas
b. pertumbuhan penjualan
c. pengalihan resiko
d. inovasi
e. reputasi
4. Perumusan Strategi ( Strategy Formulation)
Perumusan strategi merupakan perencanaan dan kegiatan untuk mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan, atau untuk mencapai sasaran yang diinginkan.
5. Penyusunan Program (Program Formulation)
Program-program penyusunan meliputi : program penelitian, program penelitian informasi teknologi baru, program iklan, dsb.
6. Implementasi (Implementation)
Strategis dan program-program yang telah dirumuskan, hendaklah dilaksanakan atau diimplementasikan secara tepat.
7. Umpan Balik dan Pengendalian ( Feedback and Controll)
Agar implementasi berjalan lancer, maka perlu dipantau perkembangannya, apakah ada terjadi kelainan-kelainan dan berupaya menyingkap apa yang mempengaruhi.
PROSES MANAJEMEN PEMASARAN
Proses pemasaran terdiri atas analisis peluang-peluang pasar, penelitian, dan pemilihan pasar sasaran, pengembangan strategi pasar, perencanaan program pemasaran, pengorganisasian, dan pelaksanaan serta pengendalian upaya pemasaran.
Berikut proses pemasaran secara sistematis :
1. Analisis peluang pasar
Analisis lingkungan pemasaran penting sekali untuk meraih peluang-peluang dari setiap perubahan-perubahan yang terjadi.
2. Meneliti dan memilih pasar sasaran dan upaya memposisikan pasar
Kisi-kisi produk atau pasar harus dapat diperkirakan dari masing-masing kelompok pasar sasaran. Selain itu perusahaan harus dapat mengembangkan strategi penempatan (positioning strategis) pada pasar sasarannya.
3. Mengembangkan strategi pemasaran
Perusahaan harus mengembangkan suatu perbedaan-perbedaan dan strategi penempatan pada pasar sasarannya. Perusahaan harus mampu memberikan keistimewaan-keistimewaan yang lain dari pesaingnya dan mampu memenuhi keinginan para pelanggan. Perusahaan harus mampu mengembangkan sebuah peta kedudukan produknya, agar menduduki posisi yang lebih baik dari pesaing-pesaingnya.
4. Perencanaan program pemasaran
Strategi pemasaran terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
5. Pengorganisasian , pelaksanaan, dan upaya pengendalian pemasaran
Pengorganisasian berarti membentuk struktur, personalia pemasaran, dan menetapkan tugas secara jelas serta terkoordinir. Selain itu bagaimana personalia iti dilatih, diarahkan, domotivasi, dievaluasi.
Manajer perusahaan juga menganalisa secara berkala profitabilitas nyata dari berbagai produk, kelompok pelanggan, saluran distribusi, dan besar pesanan.
sumber:http://kennyandraeni.blogspot.com/2010/09/perencanaan-dan-proses-manajemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar